Pengertian Open Source

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat siang para pembaca, kali ini penulis akan membagikan tentang pengertian open source. Oke, langsung saja baca penjelasan dibawah.

Pengertian


Open source (sumber terbuka) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak. Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Latar Belakang

Pada intinya konsep sumber terbuka adalah membuka "kode sumber" dari sebuah perangkat lunak. Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Untuk jenis sistem operasi open source yang paling sering digunakan adalah Linux. Linux sendiri berada di bawah lisensi GPL. Sedangkan untuk jenis – jenis sistem operasi linuxnya sendiri sangat bermacam – macam sampai saat ini. Di karenakan kode sumbernya terbuka orang – orang dapat mengambil dan mengubah source-code di dalamnya. Contoh sistem operasi linux yang banyak digunakan adalah Linux Mint, Debian, Redhat, CentOs,   Ubuntu, dan masih banyak lagi.

Maksud dan Tujuan

Dengan sumber kodenya terbuka, kita dapat mengubah isi di dalamnya. Kita dapat membuat sistem operasi sendiri dengan kode sumber atau lisensi tersebut. Contoh sistem operasi yang kode sumbernya terbuka adalah linux. Linux dapat kita oprek atau kita ubah isi di dalamnya seperti meng-upgrade kernelnya, mengubah tampilannya (Desktop Envirenment) dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Penulis sarankan agar para pembaca ber-migrasi ke sistem operasi yang berbasis open source karna kita dapat mengubah isi di dalamnya tersebut. Sistem operasi open source itu sangat cocok digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi minim.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka


Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. Maaf bila ada salah dalam pengetikan.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment