Pengertian Sistem Operasi

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat sore pembaca, kali ini penulis akan membagikan sedikit ilmu yang penulis dapatkan, yaitu tentang sistem operasi. Sistem operasi sendiri sangat beragam, mulai dari sistem operasi open source (sumber terbuka), seperti Linux dan sistem operasi close source (sumber tertutup) seperti Windows, Mac OS.

Pengertian


Sistem operasi adalah penghubung atau perantara antara hardware komputer dan brainware atau pengguna. Sistem operasi berjalan di atas hardware. Dalam sistem operasi ada yang disebut kernel. Kernel merupakan inti atau pusat dari sistem operasi tersebut. Sama halnya seperti processor pada komputer, kernel juga yang mengatur input/output sistem. Sistem operasi merupakan software paling penting dalam sistem komputer. Bila tidak ada software sistem operasi maka semua tidak akan berjalan dengan baik, karna sistem komputer saling melengkapi. Sistem operasi saat ini sangat beraneka ragam, ada yang berbasis GUI (Graphical User Interface) dan berbasis CLI (Command Line Interface). Berbasis GUI antara lain Windows, Linux, Mac OS serta berbasis CLI antara lain Linux, Unix, Posix, dan lainnya. Pada saat ini perkembangan sistem operasi mengalami peningkatan. Penulis menggunakan LInux karna bersifat open sources dan dapat di modifikasi sesuai selera. Linux mengalami perkembangan yang sangat cepat, sehingga banyak sekali Distro Linux saat ini.

Latar Belakang 

Sistem operasi saat ini telah banyak berkembang pesat. Jika anda ingin menggunakan sistem operasi, pilihlah sistem operasi yang berlisensi, contohnya Linux. Linux berlisensi dan bersifat open source. Jadi anda tidak perlu membeli key lisensinya.

Maksud dan Tujuan

Untuk menambah wawasan anda tentang dunia komputer. Dan anda dapt mempelajari hal yang menarik dalam komputer seperti adminitrasi jaringan, bongkar PC dan sebagainya.

Kesimpulan

Sebaiknya, penulis sarankan agar para pembaca menggunakan linux saja. Kenapa?? karena linux itu bersifat open source dan mudah untuk digunakan, aman dan tidak mudah terserang virus karena firewallnya sangat kokoh.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi


Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat bagi anda, maaf bila ada salah pengetikan.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Previous
Next Post »
Thanks for your comment