Macam - macam perintah cli di router cisco

 Assalamu'alaikum wrahamtullah wabarakatuh

Selamat malam para pembaca, kali ini penulis akan sedikit membagikan tentang perintah cli yang biasa digunakan pada router cisco. Oke, langsung saja baca penjelasan dibawah ini.

Pengertian


Mungkin masih sedikit asing apa itu router cisco?? begitupun juga dengan penulis. Dan baru - baru ini setelah penulis prakerin baru mengetahui apa itu router cisco. Router Cisco merupakan salah satu alat yang digunakan untuk konfigurasi jaringan sama seperti Mikrotik, Juniper dan lainnya. Router sendiri berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer yang berbeda subnet. Tapi bedanya dengan yang lain, cisco ini sangat tahan lama dan mahal harganya.

Para pembaca, dalam artikel ini kita akan membahas sedikit tentang perintah cli di router cisco yang sering digunakan untuk menyeting. Memang menggunakan perintah cli itu sangat membuat bingung dan juga karena perintahnya yang terlalu banyak sehingga kita cepat lupa dengan perintah - perintahnya tersebut. Nah, sekarang kita ulas kembali perintah - perintah tersebut. Disini penulis menggunakan aplikasi packet tracer sebagai simulasinya. Sebelumnya, pastikan anda telah menginstall aplikasi packet tracernya, jika belum anda bisa klik disini untuk tutorial install cisco packet tracernya. Jika sudah install, langsung saja buka aplikasinya > klik 2x > maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Keterangan :
Menu bar = merupakan menu yang biasanya terdapat untuk memudahkan pengguna.
Toolbar = merupakan jalan pintas yang lebih cepat untuk di akses.
Bantuan = merupakan tool yang digunakan untuk membantu, misalnya untuk menghapus suatu alat atau kabel, dan lainnya.
Area kerja = Merupakan dimana saat kita konfigurasi atau membuat topologi yang akan digunakan.
Pilihan alat = merupakan tempat alat - alat yang di sediakan dan digunakan sesuai dengan fungsi dan kepentingan masing - masing.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca pada situs resminya atau situs - situs lainnya tentang ini. Oke, sekarang kita langsung saja ke teknisnya. Pertama, kita pilih router cisco yang akan digunakan, disini penulis menggunakan router versi 1941. Setiap router berbeda - beda versi dan juga tingkat kegunaannya, ada router yang support dengan vlan ada yang tidak sama halnya seperti router MikroTik, ada yang support wifi dan juga ada yang tidak. Setelah kita pilih routernya, klik 2x > maka akan muncul tampilan seperti ini.


Tampilan diatas merupakan tampilan dari fisik routernya. Jika anda ingin mengganti interfacesnya, maka perlu mematikan router tersebut. Karena jika tidak di matikan terlebih dahulu, maka interfacesnya tidak dapat diganti. Berikut beberapa perintah yang digunakan.



Untuk mengecek password dan secret bahwa mereka terenkripsi dan tidak, dapat di jalankan dengan perintah show run, maka akan tampil seperti dibawah ini.

Dan pada tampilan dibawah juga salah satu perintah yang digunakan.


Latar Belakang

Dengan kita memahami perintah cli di router cisco ini, kita akan lebih mudah dalam hal konfigurasi nantinya semisal membuat vlan, setting ip atau yang paling mudah yaitu mengganti hostname. Jika kita sudah menguasai itu, maka tidak perlu lagi bingung ketika nanti konfigurasi langsung dengan alatnya yang sebenarnya. Karena kebanyakan alat - alat cisco di setting dengan menggunakan perintah cli atau teks.

Maksud dan Tujuan

Untuk mempelajari dasar perintah cli pada router cisco yang biasa digunakan untuk konfigurasi atau menyetting agar dapat tersambung alat yang satu dengan lainnya.

Kesimpulan

Sebenarnya bukan hanya router cisco saja yang di setting menggunakan perintah cli, alat yang lainnya juga sama seperti switch yang menggunakan mode cli untuk mengkonfigurasinya. Jadi, kita setidaknya harus mmengetahui sedikit (lebih banyak lebih bagus) tentang perintah cli apa saja yang digunakan serta fungsinya.

Referensi

http://fahmpress.blogspot.co.id/2014/01/mengenal-perintah-dasar-konfigurasi.html


Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. Maaf bila ada salah dalam pengetikan dan masih kurang lengkap penjelasannya.

Wassalamu'alaikum warahamtullah wabrakatuh
Previous
Next Post »
Thanks for your comment