Konsep Dasar Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat pagi para pembaca, kali ini penulis akan membagikan tentang konsep dasar jaringan. Konsep dasar jaringan adalah hal yang mendasar yang harus dipelajari sebelum ke level yang lebih tinggi. Dalam hal ini yaitu belajar dasar jaringan.


Pengertian

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung - hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).
Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.


Beberapa manfaat dari jaringan komputer



a. Resource Sharing
Resource sharing yaitu penggunaan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Misalnya anda berada di jarak 10km jauhnya dari suatu data, anda tidak akan kesulitan dalam mneggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada di dekat anda. Hal ini sering di artikan bahwa jaringan komputer mengatasi jarak.



b. Reliabilitas tinggi
Dengan jaringan komputer anda akan mendapatkan reliabilitas tinggi serta memilki sumber-sumber alternatif persediaan. Contohnya, sebuah file yang disimpan dalam dua, tiga atau lebih komputer yang terkoneksi dengan jaringan, sehingga apabila ada salah satu komputer mengalami gangguan atau kerusakan maka file yang tersimpan masih dapat di akses.



c. Menghemat uang
Menggunakan jaringan, dapat menghemat pengeluaran suatu perusahaan. Misalnya printer, dengan adanya jaringan komputer satu printer dapat digunakan oleh seluruh karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer dapat menghemat biaya pengeluaran.



d. Sarana komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Contohnya, ketika memberikan pengumuman, pemimpin perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada stafnya satu-persatu. Cukup hanya lewat jaringan komputer yang ada.


Prinsip kerja jaringan



Jaringan komputer memiliki mempunyai sistem kerja yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Prinsip kerjanya seperti berikut.


a. Metode pengiriman dan penerimaan data



Pengiriman dan penerimaan data dibedakan menjadi tiga, yaitu :

1) Transmisi unicast => paket data dikirimkan dari satu komputer menuju satu alamat yang menjadi tujuannya. Contohnya, komputer A ingin mengirimkan data ke komputer C, maka dari komputer A data tersebut langsung dikirim ke komputer C tanpa melalui perantara komputer B.
2) Transmisi multicast => paket data dari komputer dikirim ke beberapa alamat tujuan dalam kelompok jaringannya. Misalnya Komputer A akan mengirimkan data ke komputer C, D, dan E. Bila komputer C, D, dan E dalam kelompok jaringannya maka data akan dapat dikirm, tetapi jika tidak dalam kelompok jaringannya maka pengiriman data tidak dapat dilakukan atau dapat terjadi error.
3) Transmisi broadcast => paket data dikirimkan dari komputer pengirim ke semua alamat yang di tujunya dalam satu jaringan. Misalnya komputer A akan mengirimkan data ke semua komputer yang satu jaringan, maka komputer tersebut akan mengirimkan


Sejarah

Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Latar belakang 

Mengetahui pengertian jaringan komputer, apa manfaat jaringan komputer serta penerapan jaringan komputer dalam kehidupan manusia. Jaringan saat ini sangat membantu dalam kehidupan manusia, contohnya dalam lingkup perusahaan. Jaringan komputer dalam perusahaan dapat membantu pemimpin / manager memantau pekerjaan dari karyawannya, serta dapat memberitahukan hal penting lewat jaringan komputer tanpa repot-repot mengumumkannya di depan karyawannya.

Tujuan

Memudahkan manusia dalam berkomunikasi jarak jauh. Misalnya kita dapat memasuki server google tanpa harus kita ke server googlenya, cukup kita browsing lewat google. Itu berarti kita sedang mengakses server google.

Kesimpulan

Jadi jaringan komputer tidak hanya berfungsi untuk browsing saja, tetapi bisa untuk sarana komunikasi antar perusahaan / instansi. Jadi kita dapat memahami manfaat dari jaringan komputer. Kebanyakan manusia sekarang memanfaatkan jaringan komputer hanya untuk browsing, bermain game dan lain sebagainya. Padahal manfaat jaringan komputer sangat banyak sekali, kita bisa mendapatkan penghasilan dari jaringan komputer tersebut. Contohnya kita mendaftarkan website kita ke google adsense atau ke PPC yang lainnya.

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer


Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat bagi pembaca dan juga penulis. Budayakan membaca.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Previous
Next Post »
Thanks for your comment