Membatasi Bandwidth pada MikroTik

Assalamu;alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selaamt malam para pembaca, kali ini penulis akan membagikan tentang limit akses bandwidth internet. Oke, langsung saja baca penjelasan dibawah.

Pengertian



Apa itu bandwidth? siapa yang menciptakan bandwidth? apa ada perusahaan yang menjual bandwidth atau menyediakan bandwidth?. Bandwidth adalah lebar pita atau perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Untuk lebih mudah memahami apa itu bandwidth, penulis akan menggunakan bahasa hoax. Jadi bandwidth ibaratkan lebar jalan dengan batas - batas yang telah di tentukan.

Latar Belakang

Dengan perkembangan internet yang semakin maju dan penggunanya yang sangat banyak, untuk dapat membagi koneksi dengan merata dapat menggunakan limit bandwidth agar user atau pengguna tidak se-enaknya sendiri menggunakan bandwidth. User tersebut bandwidthnya cepat dan lainnya lemot, maka user lainnya akan merasa iri dan mungkin marah sekali karena pembagian bandwidthnya tidak merata, hal ini biasanya terjadi di sekolahan. Guru memiliki bandwidth besar sedangkan siswanya di limit, untuk kepentingan guru tersebut, itu sangat tidak adil dan jika muridnya mengetahuinya maka akan merasa marah, karena murid - murid sudah membayar SPP.

Maksud dan Tujuan

Supaya user tersebut tidak sewenang - wenang memakai akses internet sesuai keinginanya, maka untuk mengantisipasi hal itu di perlukannya limit bandwidth agar semua pengguna atau user yang terhubung dapat kebagian bandwidth tersebut atau bandwidth tersebut di bagi rata.

Waktu Pelaksanaan

Membutuhkan waktu 3 menit

Alat dan Bahan

  • Laptop
  • MikroTik
  • Koneksi baik wired maupun wireless

Langkah - Langkah

  • Pertama, colokan kabel terlebih dahulu, kemudian masuk ke winbox.
  • Setelah masuk pada tampilan awalnya, pilih menu Queues maka akan muncul tampilan seperti dibawah.

  • Untuk menambahkannya klik + > isikan nama > ip target atau ethernet juga bisa > pilih ukuran Max Limit, ubah target Upload dan Download sesuai keinginan anda.

  • Pilih tab Advanced, pastikan target upload dan download sesuai dengan pengaturan yang tadi pada tab general > bila sudah klik Apply > OK.

  • Maka akan muncul target ip yang tadi di limit bandwidth-nya, jika berwarna hijau berarti sudah aktif.

Kesimpulan

Sangat mudah ternyata me-limit bandwidth. Kenapa harus di limit? karena agar koneksi internet tersebut dapat dibagi secara merata. Limit bandwidth biasanya terjadi pada sekolahan, termasuk sekolahan penulis.

Referensi

https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2016/07/cara-membatasilimit-bandwidth-hotspot-mikrotik.html


Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan pahami serta baca dengan teliti.

Wassalamu'alaikum warahamtullah wabarakatuh
Previous
Next Post »
Thanks for your comment