Membuat VM di proxmox

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Selamat siang sobat, semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan.Kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya dapatkan. Saya akan menjelaskan bagaimana membuat VM (Virtual Machine).Apa itu virtual machine??? kapan di temukannya??? bagaimana cara mebuatnya?? dan lainnya. Berikut akan saya jelaskan satu per satu.                                   



Pengertian

Virtual Machine (VM) adalah sebuah mesin virtual komputasi untuk emulasi dari sistem komputer. Mesin virtual ini di dasarkan pada konsep komputer dan menyediakan fungsionalitas dari komputer fisik. Sistem mesin virtual disebut juga virtualisasi penuh VMS, kenapa disebut itu?. karna menyediakan penggantian mesin nyata. Mereka menyediakan fungsi yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh sistem operasi. Sebuah hypervisor menggunakan eksekusi asli untuk berbagi dan mengelola hardware, memungkinkan untuk beberapa lingkungan yang terisolasi satu sama lain, belum ada pada mesin fisik yang sama. hypervisors modern menggunakan hardware-dibantu virtualisasi, hardware virtualisasi khusus, terutama dari CPU. Proses mesin virtual yang dirancang untuk mengeksekusi program komputer dalam lingkungan platform-independen.Beberapa mesin virtual, seperti QEMU, yang dirancang untuk juga meniru arsitektur yang berbeda dan memungkinkan pelaksanaan aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi yang ditulis untuk CPU lain atau arsitektur. virtualisasi sistem operasi tingkat memungkinkan sumber daya komputer yang akan dipartisi melalui dukungan kernel untuk beberapa contoh ruang pengguna terisolasi, yang biasanya disebut kontainer dan dapat terlihat dan terasa seperti mesin nyata untuk pengguna akhir.

Sejarah 

Mesin virtual ini di perkenalkan ke masyarakat sekitar tahun 1960-an dan terus berkembang sampai saat ini. Sistem mesin virtual tumbuh dari waktu-sharing, sebagai terutama diterapkan di Time-Sharing System Kompatibel (CTSS). T`ime-sharing memungkinkan beberapa pengguna untuk menggunakan komputer secara bersamaan: setiap program tampaknya memiliki akses penuh ke mesin, tetapi hanya satu program dieksekusi pada waktu itu, dengan sistem switching antara program di iris waktu, menyimpan dan memulihkan keadaan setiap kali. Ini berkembang menjadi mesin virtual, terutama melalui sistem IBM penelitian: M44 / 44x, yang digunakan virtualisasi parsial, dan CP-40 dan Simmon, yang digunakan virtualisasi penuh dan contoh-contoh awal dari hypervisors. Tersedia secara luas arsitektur mesin virtual pertama adalah CMS CP-67 /; lihat Sejarah CP / CMS untuk rincian. Perbedaan penting adalah antara menggunakan beberapa mesin virtual pada satu sistem host untuk time-sharing, seperti di M44 / 44x dan CP-40, dan menggunakan salah satu mesin virtual pada sistem host untuk prototyping, seperti di Simmon. Emulator, dengan emulasi hardware dari sistem sebelumnya untuk kompatibilitas, tanggal kembali ke IBM 360 pada tahun 1963,

Latar belakang

VM (Virtual Machine) digunakan untuk membuta virtualisasi server. VM ini akan membagi komponen hardware server. ada 2 virtualisasi yaitu secara hardware dan software. Saat ini saya sedang mempelajari virtualisasi hardware, komponen yang di bagi antara lain hardisk, processor, RAM, dan sumber daya.

Maksud dan Tujuan

Untuk membuat virtualisasi pada server fisik. Kelebihannya adalah kita dapat membuat sebanyak-banyaknya virtualisasi di server fisik, dapat di remote melalui komputer kita dan sangat membantu. Kenapa?? karna kita bisa menginstall server dari mana saja, misalnya kita di perintah untuk menginstall server di jakarta, kita cukup menginstallnya dari rumah yang penting tersambung ke internet.

Waktu Pelaksanaan

Sekitar 5 menit

Alat dan bahan

  • 1 komputer/server
  • media install debian seperti flashdisk/CD/DVD
  • laptop untuk me-remote proxmox

Langkah - langkah

Sebelum kita membuat VM, sebaiknya kita meng-upload ISO Debian terlebih dahulu. Kenapa saya menggunakan debian untuk server?? karna debian digunakan untuk belajar server bagi pemula seperti saya. Berikut tutorialnya.

Meng-upload ISO

  • Klik pada pve > pilih summary > klik upload.
  •  Pada tampilan berikut, klik select files kemudian arahkan file ISO yang akan di upload, bila sudah klik upload.
  •  Tunggu hingga proses selesai.


Membuat VM (Virtual Machine)
  • Pertama anda harus tersambung dengan jaringan mikrotik anda untuk dapat me-remote proxmox lewat browser, misalnya https://192.168.11.2:8006. Akan muncul tampilan untuk log in. Silahkan masukan username (umumnya masuk dengan root) dan passwordnya > klik login.

  • Pada tampilan berikut, klik create vm untuk membuat vm baru.


  • Isikan VM ID dan nama sesuai dengan selera anda. Misalnya, VM ID : 100 Nama : capling > lalu next.


  • Pilih sistem operasi yang akan di install pada VM,saya pilih Linux 4X/3X/2.6 KERNEL. Mengapa saya pilih demikian, karna saya akan menginstall debian server > next.

  • Pilih ISO file yang akan di install pada VM nanti. Saya pilih debian 8.6 > next.


  • Kemudian pilih ukuran harddisk yang akan digunakan. Karna saya akan mengunakan untuk belajaran, maka saya membuat 50GB > next.

  • Pilih cores yang di inginkan, misalnya saya memberi 1 cores karna server saya hanya core i3. Kalian bisa menambah cores bila server kalian memiliki inti yang cukup, contohnya core i7. Bisa kalian beri 2 cores atau lebih tergantung processornya > next.

  • Pilih ukuran RAM yang dibutuhkan, minimal 1024 Mb. Jika RAM server kalian besar, bisa di tambahkan lagi ukurannya > next.

  •  Masukan VLAN Tag atau nomer VLAN-nya. Contoh saya menggunakan nomer VLAN 1030 > next.



  • Terakhir, konfirmasi apakah data tersebut sudah sesuai atau belum, jika sudah klik finish. Tunggu beberapa saat sampai tanda ok muncul. VM siap di gunakan.


  • Berikut adalah tampilan VM yang sudah di buat. Untuk menjalaknannya, klik start dan berhenti klik stop dengan cara klik kanan pada VM-nya pilih stop.



Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_machine



Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat bagi pembaca. Maaf bila penjelasan saya kurang dapat di pahami.


Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh


Previous
Next Post »
Thanks for your comment